HAL KECIL YANG TIDAK BOLEH DI ABAIKAN PADA MOTOR MATIC DALAM PERAWATAN

HAL KECIL YANG TIDAK BOLEH DI ABAIKAN PADA MOTOR MATIC DALAM PERAWATAN


Motor berjenis matic merupakan motor yang praktis dan menyenangkan. Agar motor tetap berjalan dengan semestinya, tentu perlu dicek rutin oleh pemiliknya.
Jika hal kecil rutin dilakukan bukan tak mungkin memberikan dampak yang baik. Seperti dilansir dari laman Wahana Honda, berikut hal sederhana yang kerap diabaikan pemilik motor :
  • Mengecek Kondisi Bahan Bakar
Motor-motor saat ini mayoritas menggunakan injeksi untuk sistem asupan bahan bakar. Sedangkan bahan bakar adalah hal paling penting dari motor injeksi. Suplai bahan bakar yang kosong akan membuat injektor menjadi rentan rusak.
  • Memanaskan Mesin
Hal paling sederhana sebenarnya, tapi sering diabaikan. Padahal hanya butuh waktu 5 menit untuk membuat sepeda motor benar-benar siap dilakukan.
  • Rutin Mengganti Oli
Mesin akan terasa halus dan tidak cepat panas dengan rutin mengganti oli. Pergantian oli sebaiknya dilakukan setelah motor menempuh jarak 2.000 kilometer. Mengganti oli juga sebaiknya jangan terlalu penuh, karena akan membuat kinerja mesin jadi tidak maksimal.
  • Perawatan Shockbreaker
Komponen ini kerap diabaikan. Padahal motor matik hanya punya single shockbreaker. Maka itu, perhatikan muatan ya. Jangan samakan shockbreaker motor matik dengan motor bebek.
  • Memeriksa V-Belt dan Roller
Komponen ini penting, karena punya peran menghubungkan mesin dengan roda. Jika V-Belt tidak prima bisa dirasakan secara langsung dengan menurunnya kemampuan laju motor. V-Belt punya batas usia pakai, sekitar 20.000 km sampai 25.000 km.
Semoga bermanfaat.

1 Response to "HAL KECIL YANG TIDAK BOLEH DI ABAIKAN PADA MOTOR MATIC DALAM PERAWATAN"

  1. VBelt dan Roller yang biasanya terabaikan, ga pernah dicek :(

    Terima kasih Infonya

    ReplyDelete