CARA DAN PEMIKIRAN YANG SALAH KETIKA MENGISI BAHAN BAKAR KENDARAAN

CARA DAN PEMIKIRAN YANG SALAH KETIKA MENGISI BAHAN BAKAR KENDARAAN, APAKAH ANDA JUGA MELAKUKANNYA?


Kendaran adalah mobilitas kita yang banyak digemari, namun ada beberapa cara dan pemikiran yang salah ketika melakukan isi bahan bakar minyak untuk kendaraan kita, berikut beberapa cara dan pemikiran yang salah pada saaat melakukan isi bahan bakar minyak
  • Mengisi BBM ¾ dari Kapasitas Maksimal
Membiarkan ¼ bagian dari tangki bahan bakar minyak dalam kondisi kosong dipercaya dapat mengurangi penguapan, sehingga dapat menghemat bahan bakar minyak. Selain itu, cara ini pun baik untuk mencegah bahan bakar minyak tumpah karena goncangan saat tangki terisi secara penuh.
Tentu saja cara ini tidak tepat, mengingat mobil zaman sekarang sudah dilengkapi dengan vapor recovery system, yang berfungsi untuk menekan penguapan, meskipun tangki bahan bakar minyak terisi penuh.
  • Menempatkan Gigi di Posisi Netral
Konon katanya, saat mengisi bahan bakar minyak, posisi gigi persneling harus dalam kondisi netral. Hal ini disebabkan karena dalam posisi netral tidak ada injeksi bahan bakar minyak menuju mesin, dan bahan bakar minyak pun bisa dihemat lebih banyak.
Faktanya, tidak ada hubungan antara isi bahan bakar minyak dengan aturan posisi gigi harus netral, pasalnya mobil zaman sekarang sudah dilengkapi dengan sensor yang secara otomatis akan menutup jalannya injeksi bahan bakar saat mesin nganggur. Tapi jika alasannya keamanan, trik ini memang wajib dilakuka

  • Mengisi BBM di Pagi Hari

Banyak yang beranggapan jika mengisi bahan bakar minyak di waktu subuh atau saat suhu udara rendah, akan mendapat bahan bakar minyak yang lebih kental, sehingga volume bahan bakar minyak yang didapat akan lebih banyak. Mengisi bahan bakar minyak saat panas akan membuat volume bahan bakar minyak yang didapat lebih sedikit karena penguapan.
Mitos ini jelas salah kaprah, mengingat tidak ada volume bahan bakar minyak yang Anda dapatkan tidak akan mengalami perbedaan.

  • Isi BBM Sampai Tumpah

Mengisi tangki bahan bakar minyak sampai luber dipercaya dapat membuat volume bahan bakar minyak yang masuk jadi lebih banyak, sehingga Anda bisa lebih hemat waktu dan uang.
Padahal faktanya, mobil zaman sekarang sudah dilengkapi dengan vapor recovery system yang akan langsung mendeteksi kelebihan kapasitas pada tangki kendaraan. Jadi ini jelas merupakan mitos yang salah kaprah.
Justru sebaliknya, mengisi bahan bakar minyak sampai meluber, bahkan tumpah, malah akan membuat bahan bakar minyak banyak terbuang dan Anda justru mengalami kerugian.

  • Goyang-goyangkan Mobil

Menggoyang-goyangkan mobil diharapkan setiap celah yang kosong dalam tangki akan terisi oleh bahan bakar minyak, sehingga volume udara dari dalam akan ditekan keluar. Kondisi ini akan membuat Anda mendapatkan volume bahan bakar minyak yang lebih padat.
Trik ini jelas salah kaprah, mengingat bahan bakar minyak bukanlah benda padat, melainkan benda cair yang secara otomatis akan mengisi setiap celah kosong dalam tangki.

Semoga bermanfaat.

1 Response to "CARA DAN PEMIKIRAN YANG SALAH KETIKA MENGISI BAHAN BAKAR KENDARAAN"