CARA LULUS DALAM PEMBUATAN SIM

CARA LULUS DALAM PEMBUATAN SIM



Sim adalah surat ijin mengemudi yang sangat penting dan harus dimiliki oleh setiap pengendara, karena sim adalah salah satu syarat terpenting agar kita layak dan dapat mengendarai kendaraan kita dijalan umum.

Sim terbagi dalam beberapa golongan tergantung kendaraan apa yang akan kita kendarai jika kendaraan roda dua yaitu sim C, kendaraan roda empat [biasa] sim A kendaraan roda empat lebih atau kendaraan berat yaitu AB.

Dalam pembuatan sim ada beberapa tahap yang harus kita ikuti dan ada peraturaturan serta ada nilai terendah yang harus kita dapat dalam proses tes pembuatan sim, jika nilai kita terlalu rendah dan melanggar peraturan yang telah ditetapkan maka kita akan dinyatakan gagal.

Pembuatan sim sebenarnya sangatlah mudah namun ada beberapa faktor yang membuatnya gagal yaitu kurangnya doa, usaha dan keyakinan kita yang akan membuatnya gagal dalam proses pembuatan sim.

Maka dari itu jika kita ingin lolos dalam tahap pembuatan sim, kita harus mematuhi dan mendapat nilai sesuai dengan apa yang telah ditetapkan agar kita lolos dalam tahap pembuatan sim.
Pembuatan sim tidaklah lama sebenarnya namun banyaknya peserta yang ingin membuat sim maka inilah yang menjadi prosesnya lama karena kita harus mengantri terlebih dahulu atau menunggu sampai kita dipanggil untuk tes oleh petugas.

Berikut beberapa tips dalam proses pembuatan sim :

  • Tes teori
Tes teori banyak sekali peserta yang gagal dalam pembuatan sim pada tahap tes teori, karena waktunya dibatasi dan kita harus berpikir cepat agar tidak kehabisan waktu.

  • Berdoa sebelum memulai dan yakin pasti bisa.
Kita harus mengetahui tentang rambu - rambu lalu lintas dan marka jalan.
Dalam membaca soal kita harus cepat, sebaiknya baca soal pertanyaan intinya saja dan baca jawabannya agar tidak kehabisan waktu dan bisa memilih jawaban yang benar.
Setiap tes teori pasti ada dua bagian yaitu bagian A dan B, kadang pertanyaan A ada di pertanyaan B atau di ulang, sebaiknya kita ingat jawabannya dan jika ada pertanyaan yang sama kita pilih yang sesuai jawaban sebelumnya.
  • Tes praktek
Tes praktek banyak juga peserta yang gagal karena gerogi / gugup sehingga membuat kaku dalam setiap gerakan dan mengakibatkan kita gagal dan menyentuh pembatasan.
  • Berdoa sebelum memulai dan yakin pasti bisa.
Rileks dan santai [harus percaya diri dan konsentrasi].
Jangan mengikuti jalur atau garis pembatas yang harus kita perhatikan adalah tiang pembatasan jangan sampai tersentuh dan jatuh.
Gunakan motor yang kita kuasai agar kita lebih yakin dan mantap dalam setiap gerakan.
Jangan terburu - buru karena dalam tes praktek kita tidak diberi waktu dan tidak diharus kan cepat.
Setelah kedua proses tersebut lulus anda akan melakukan proses pembayaran pembuatan sim dan setelah proses pembayaran dilakukan, anda akan melanjutkan ke proses pemotoan dan cetak kartu sim dan selesai.

Semoga bermanfaat

0 Response to "CARA LULUS DALAM PEMBUATAN SIM"

Post a Comment