REVIEW MOBIL BARU FORD ECOSPORT TIPE TITANIUM

REVIEW MOBIL BARU FORD ECOSPORT TIPE TITANIUM



Eksterior

  • Ford EcoSport merupakan mobil global yang akan dijual hampir di seluruh belahan dunia. Untuk pasar Indonesia, kita mendapatkan unit rakitan Thailand. Namun secara garis besar, desain mobil ini sama seperti Ford EcoSport yang kita temukan di negara lain karena filosofi “One Ford”.
  • Secara desain, mobil ini terlihat besar, namun ketika Anda melihat secara langsung, ternyata Ford EcoSport memiliki ukurang yang sangat kompak, bahkan ketika kami memarkir mobil ini di salah satu pusat perbelanjaan terasa sangat mudah untuk diparkirkan sendiri seperti layaknya Ford Fiesta atau sekelasnya.
  • Desain depannya menganut filosofi desain Ford terbaru yaitu Kinetic Design yang saat ini sedang diaplikasikan di seluruh model Ford terbaru, lampu depannya dibuat sipit tanpa projector, di bagian bawah lampu kita akan menemukan LED stripe memanjang yang tidak menyala di siang hari karena lampu LED tersebut digunakan sebagai lampu senja. Saran kami, jika berkendara di siang hari tidak ada salahnya dinyalakan agar terlihat seperti LED DRL (Daytime Running Light).
  • Untuk varian Titanium yang AutonetMagz test, grille dan housing fog lamp-nya sudah dilengkapi dengan ornamen chrome. Dibawah fog lamp kita akan menemukan bentuk bumper yang memiliki alur rumit untuk menambah aerodinamika. Bahkan setiap detail di mobil ini sengaja dibuat untuk meminimalkan hambatan angin. Maka tidak heran meskipun Ford EcoSport memiliki desain yang besar serta ground clearance tinggi, namun mobil ini mencatatkan nilai hambatan angin hanya 0.36 cd saja, sangat baik untuk sebuah SUV.
  • Dari belakang, kita akan menemukan tampilan yang sebagian orang menganggapnya sudah ketinggalan jaman, karena adanya ban cadangan yang di ‘gendong’ dengan desain cover sederhana, namun ini kembali kepada selera masing-masing. Hal yang unik pada Ford EcoSport ada pada desain door handle pintu belakang yang berada di sebelah kanan (mobil sejenis lain di Indonesia ada di sebelah kiri) dan di kamuflasekan dengan desain lampu belakang.
  • Selain itu, Ford EcoSport sudah dibekali dengan roof rail, frameless wiper, fog lamp belakang dan velg 16 inchi dengan desain unik. Yang menarik, meskipun Ford menyebutnya urban SUV (SUV perkotaan), EcoSport justru memiliki kemampuan off-road yang cukup oke berkat ground clearance 200 mm dan water wading 550 mm, sehingga tidak perlu takut ketika menerabas banjir.

Interior

  • Masuk ke dalam kabin EcoSport, interiornya tidak jauh berbeda seperti milik saudaranya yaitu Ford Fiesta, bentuknya sangat identik, hanya terjadi beberapa ubahan kecil yang seperti pada ventilasi AC dan door trim. Sisanya sama saja seperti Ford Fiesta karena memang mobil ini masih menggunakan platform yang sama.
  • Meskipun tidak ubahnya seperti Fiesta, namun kualitas pengerjaan dan bahan materialnya terasa sangat baik untuk mobil dengan harga dibawah 300 juta. Masuk ke dalam interior, kita akan disambut dengan jok kulit yang memiliki jahitan berwarna merah. Yang menarik ketika kita duduk di bangku pengemudi, kita akan menemukan pengaturan yang sangat kaya mulai dari setir yang memiliki pengaturan tilt and telescopic, jok dan seatbelt yang sudah dilengkapi height adjuster, lumbar support untuk mengatur ketebalan sandaran punggung dan handrest, beuh!
  • Tidak hanya sampai duduk saja, saat menggenggam kemudi pun kita akan merasakan kemudi dengan balutan kulit dan speedometer yang memiliki warna icy blue. Seperti layaknya mobil Eropa dan Amerika lainnya, EcoSport memilki tuas sein di sebelah kiri dan tombol pengatur lampu pada dashboard sebelah kanan dengan model putar.
  • Centre cluster dashboard dari Ford EcoSport sangat identik dengan Ford Fiesta, teknologi Ford SYNC™ dengan sebuah layar LCD monochrome berwarna senada dengan speedometer memberikan kesan futuristik sekaligus rumit, karena kita akan menemukan banyak tombol mulai dari pilihan mode sumber audio dan angka-angka yang biasa kita temukan pada telepon genggam.
  • Ini dikarenakan Ford Ecosport memiliki on board computer seperti layaknya i-Drive pada BMW namun lebih sederhana. Teknologi Ford SYNC™ ini mampu menjaga konsentrasi mengemudi tanpa harus terganggu pengaturan audio, kita dapat memilih lagu, memilih frekuensi radio, melakukan panggilan telepon, membaca dan membalas SMS hanya dengan perintah suara yang terhubung melalui smartphone lewat Bluetooth. Sayang, layar tengah Ford EcoSport tidak bisa memutar video.

0 Response to "REVIEW MOBIL BARU FORD ECOSPORT TIPE TITANIUM"

Post a Comment